Beranda » lombok tour » Wisata ke Gili Trawangan Gili Meno dan Gili Air di Pulau Lombok
Wisata ke Gili Trawangan Gili Meno dan Gili Air di Pulau Lombok

gambar kepulauan gili. sumber: almarik-lombok

Pariwisata Lombok memberikan banyak pilihan destinasi yang tak kalah menarik dari pulau bali. Karena keragaman pesona alam pulau lombok telah Allah SWT ciptakan dengan begitu lengkapnya.

Para wisatawan bisa datang ke lombok dan menikmati pantai pantainya, taman bawah lautnya, pepohonan hutannya, gunung dan dataran tingginya, dan pulau pulau kecil disekelilingnya.

Selain lengkap, berlibur di pulau lombok terasa lebih nyaman karena ketenangan suasana dalam setiap tempat wisatanya. Tempat tempat wisata yang ada di pulau lombok pada umumnya masih perawan dan natural.

Belum begitu banyak wisatawan yang datang memadati pariwisata lombok. Bila dibandingkan, maka tentu jauh lebih ramai tempat tempat wisata di pulau bali.

Belum lagi jika mengunjungi pantai ataupun pulau kecil di pelosok sudut lombok yang belum banyak diketahui dunia. Ketenangan dan kenyamanan liburan pasti sangat berkesan bagi para wisatawan.

Pulau lombok sendiri memiliki lima wilayah administratif. Wilayah tersebut meliputi kota mataram, kabupaten lombok barat, kabupaten lombok tengah, kabupaten lombok timur, dan kabupaten lombok utara.

Masing masing wilayah tersebut menawarkan tempat wisata yang indah dan patut dikunjungi tourist lokal maupun asing.

Kota Mataram terkenal dengan tempat wisata masjid raya hubbul wathan islamic center nya. Kabupaten Lombok barat terkenal dengan kawasan wisata senggigi dan sekotong dengan gili gilinya.

Kabupaten Lombok tengah terkenal dengan kawasan wisata kuta mandalika dengan sirkuit motogp internasional nya. Kabupaten Lombok timur terkenal dengan wisata dataran tinggi nan sejuk serta jalur pendakian gunung rinjaninya.

Kabupaten Lombok utara terkenal dengan tempat wisata kelas dunianya, yaitu gili trawangan dan dua saudara kembarnya yang lain. Tempat wisata yang ada di lombok utara tersebut berwujud 3 gili yang saling berdekatan.

Pada artikel kali ini akan di ulas secara maksimal tiga gili terpopuler yang dimiliki pulau lombok yang tepatnya berada di kabupaten lombok utara tersebut.

Gili sendiri menurut istilah masyarakat setempat berarti pulau kecil. Tiga Gili terebut meliputi gili air, gili meno dan gili trawangan. Gili gili tersebut terletak saling berjajar di sebelah barat laut pulau lombok.

paket wisata gili trawangan

Gili Trawangan

Kehidupan di Gili Trawangan

Diantara ketiga gili tersebut, gili yang paling ramai adalah gili trawangan. Saking ramainya, sampai sampai bisa dikatakan bahwa gili trawangan merupakan pulau kecil yang tidak pernah tidur.

Gili trawangan juga merupakan gili dengan luas paling besar bila dibandingkan dengan dua gili lainnya yang berbaris saling berdampingan, gili meno dan gili air.

Secara administratif gili trawangan terletak di Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, provinsi nusa tenggara barat.

Gili trawangan berada di sebelah barat pulau lombok berseberangan langsung dengan pulau bali dipisahkan oleh perairan selat lombok. Letak geografis yang strategis tersebut menjadikan gili trawangan bisa dikunjungi secara langsung dari pulau bali menggunakan speed boat.

Para wisatawan yang telah lebih dahulu berlibur ke bali bisa pergi mengunjungi gili trawangan melalui pelabuhan padang bai pulau bali. Speedboat tersebut akan langsung berlabuh di gili trawangan.

Sedangkan bila menggunakan pesawat dan kapal ferry menuju gili trawangan pulau lombok, kedatangan penerbangan wisatawan akan bertempat di bandara internasional lombok dan pelayaran wisatawan akan berakhir di pelabuhan lembar.

Selanjutnya perjalanan bisa dilakukan dengan jalur darat melalui kota mataram dan kabupaten lombok barat, menuju tempat untuk menyeberang ke gili trawangan, yakni pelabuhan bangsal di kabupaten lombok utara.

Penyeberangan ke gili trawangan dilakukan menggunakan perahu penumpang umum. Perahu tersebut akan berangkat ketika penumpang telah penuh mengisi barisan tempat duduk didalamnya.

Selain perahu penumpang umum, para wisatawan bisa juga menggunakan fast boat atau kapal cepat dari pelabuhan bangsal tersebut menuju gili trawangan.

Sesampainya di Gili trawangan kenikmatan liburan pun dimulai.

Secara historis, dahulunya gili trawangan menjadi tempat persinggahan para pelaut bugis yang berasal dari sulawesi selatan. Selanjutnya gili trawangan berganti menjadi tempat pembuangan para individu dari suku sasak yang memberikan perlawanan ketika kerajaan bali berusaha menduduki pulau lombok.

Namun, walaupun begitu, saat ini semuanya telah menyatu dan hidup bersama dalam gili trawangan untuk menerima para wisatawan yang berkunjung dan berlibur menikmati keindahan alam di dalamnya.

Para pemukim, penduduk lokal gili trawangan, kebanyakan berada di sebelah timur pulau. Masyarakat setempat telah bersikap sangat ramah kepada para wisatawan yang datang berlibur.

Lingkungan masyarakat gili trawangan memberikan keamanan dan kenyamanan kepada setiap pengunjungnya, yang sedang menikmati liburan.

Dalam gili trawangan, gili meno dan gili air, keberadaan kendaraan bermotor tidak diperbolehkan oleh peraturan setempat.  Masyarakat setempat dan para wisatawan diharuskan berjalan kaki, mengendarai sepeda dan menaiki kereta kuda atau cidomo selama bertransportasi di dalam pulau.

Hal ini tentu menambah daya tarik tersendiri. Karena tanpa kendaraan bermotor, maka tidak ada polusi yang dihasilkan, sehingga pulau tersebut terpelihara ke alamiannya.

Namun walaupun begitu, fasilitas umum yang ada di dalam gili trawangan cukup lah lengkap. Didalamnya terdapat suplai listrik yang memadai dan mesin atm yang telah tersedia.

Selain itu, terdapat juga berbagai penginapan dan hotel, rumah makan dan restaurant serta kafe. Bagi yang beragama islam disini juga sudah tersedia masjid, sehingga sholat tetap bisa dilaksanakan walaupun sedang liburan.

Suasana Malam hari di Gili trawangan sungguh ramai dan tidak akan pernah sepi. Pesta terselenggara secara terus menerus di berbagai tempat. Terlebih dengan banyaknya kunjungan tourist asing, semakin meramaikan malam gili trawangan.

Gili trawangan memang banyak dikunjungi oleh para wisatawan mancanegara. Keindahannya begitu mendunia, sehingga fasilitas gili trawangan pun secara beriringan ikut terbangun dengan lengkap sesuai kebutuhan pariwisatanya.

Gili trawangan memiliki pasir pantai berwarna putih yang halus dan bersih dengan perairan yang jernih biru kehijauan. Ombak pantai di gili trawangan pun cukup tenang sehingga nyaman untuk berlama lama bermain air pantainya.

Garis pantai yang populer dan ramai dipadati oleh para wisatawan adalah pantai pantai yang berada di sebelah timur pulau. Pantai tersebut memang menjadi favorit karena selain keindahan alamnya, juga kelengkapan fasilitas umumnya.

Selain itu, karena sebelah timur pulau menghadap daratan utama lombok, sehingga cukup ramai dan jauh dari kesendirian.

Sedangkan spot terbaik untuk melakukan snorkeling adalah garis pantai yang berada di sebelah utara gili trawangan. Kondisi perairan di lokasi tersebut sangatlah jernih.

Disana wisatawan bisa melihat dasar laut dari atas permukaan perairan dekat pesisir pantai ketika snorkeling. Bahkan jika melakukan penyelaman atau diving, para wisatawan akan bisa lebih jelas lagi menyaksikan pesona beragam ikan dan terumbu karang di dasar perairan sekitar gili trawangan tersebut.

Selain snorkeling dan diving, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan terbenamnya matahari di sore hari. Dari sisi utara gili trawangan dapat terlihat matahari terbenam dengan sangat indah, tepat diatas gunung agung bali.

Selanjutnya, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan matahari terbit di pagi hari. Di gili trawangan dapat terlihat matahari terbit yang seolah olah keluar dari atas gunung rinjani.

Jadi, wisatawan bisa mendapatkan eksotisme sunset dan sunrise di satu tempat yang sama di gili trawangan. Hal ini adalah kelebihan lainnya yang akan didapat dengan berlibur di gili trawangan.

Kegiatan wisata lainnya yang bisa dilakukan di gili trawangan adalah mengelilingi gili trawangan yang membutuhkan waktu sekitar tiga jam dengan berjalan kaki. Namun jika kelelahan pengunjung bisa berkeliling menggunakan sepeda kayuh ataupun juga kereta kuda yang dikenal dengan nama cidomo.

Jika ingin berbelanja, mencari oleh oleh khas lombok untuk dibawa pulang, maka di dalam gili trawangan terdapat pasar seni, tempat beragam kios berbaris menawarkan produknya. Di tempat tersebut juga diselenggarakan pagelaran seni bela diri peresean. Sehingga sambil berbelanja, wisatawan bisa sekaligus menyaksikan seni peresean.

Aktivitas wisata yang bisa dilakukan di gili trawangan secara singkat diantaranya adalah

  • duduk di atas pasir pantai,
  • bermain pasir pantai,
  • scuba diving,
  • snorkeling,
  • surfing,
  • bermain kano,
  • menikmati sunrise dan sunset,
  • melihat pagelaran seni beladiri peresean,
  • berkeliling pulau menggunakan cidomo, sepeda, ataupun berjalan kaki,
  • berfoto dan selfie di spot terbaik dalam gili trawangan.
Daya Tarik Gili Meno

Gili Meno

Daya Tarik Gili Meno

Gili meno terletak ditengah tengah, diantara gili air dan gili trawangan. Gili meno memiliki ukuran paling kecil bila dibandingkan dengan gili trawangan dan gili air.

Gili meno bisa dituju dengan melakukan penyeberangan menggunakan perahu penumpang umum dari tiga arah, yaitu dari gili trawangan, gili air dan  juga dari pelabuhan bangsal di daratan utama pulau lombok. Perahu perahu tersebut, semuanya akan berlabuh dan menurunkan wisatawan di dermaga yang sama di pantai sebelah selatan pesisir gili meno.

Tak lama setelah berlabuh di gili meno, maka para wisatawan akan langsung mendapatkan suasana penuh pesona yang eksotis nan menenangkan. Hal ini karena, pesisir garis pantai gili meno terindah juga berada di pesisir sebelah selatan pulau.

Kawasan yang sama di sekitar tempat parahu akomodasi berlabuh. Di garis pantai selatan ini bisa terlihat pemandangan matahari terbit yang sangat indah dan sempurna. Pemandangan Matahari terbit yang muncul dari punggung gunung rinjani.

Ketika disusuri lebih jauh ke sebelah barat, di tengah gili meno akan bisa ditemukan danau yang berair asin. Danau tersebut dikenal dengan danau meno.

Danau meno merupakan tempat yang sangat baik untuk melihat pemandangan matahari terbenam secara sempurna. Biasanya di sore hari akan banyak pengunjung yang datang menikmati sunset dan juga banyak penduduk setempat yang datang untuk memancing ikan.

Disekeliling danau meno tersebut terdapat pepohonan mangrove. Didalam hutan mangrove tersebut terdapat beraneka ragam burung.

Hutan mangrove berfungsi meredam ombak yang datang menerjang gili meno. Hutan mangrove di gili meno ini bisa dijelajahi melalui jembatan kayu yang telah dibuat oleh pengelola didalamnya.

Wisatawan dapat melakukan penjelajahan menikmati suasana tenang tumbuhan dan satwa yang ada didalamnya. Terutama kicauan burung yang silih berganti menenteramkan hati.

Burung burung di gili meno selain berada di dalam hutan mangrove sekitar danau meno, juga bisa disaksikan lebih dekat di dalam penangkaran yang dibuat oleh seorang pecinta satwa berasal dari australia.

Gili meno memiliki Taman burung yang sengaja dibuat untuk menjadi tempat tinggal alamiah beraneka ragam burung di tengah lingkungan alam terbuka. Taman burung gili meno menjadi ciri tersendiri yang tidak dimiliki oleh gili trawangan dan gili air.

Didalam taman burung tersebut juga terdapat satwa lain seperti komodo dan buaya. Sehingga taman burung gili meno menjadi seperti kebun binatang yang menambah daya tarik pulau dengan danau air asinnya tersebut.

Dari segi keanekaragaman bawah lautnya, di gili meno terdapat meno wall, sebuah diving spot, tempat dimana para wisatawan bisa snorkeling dan menyelam sambil melihat dengan mudah keberadaan penyu yang berenang melintas lalu lalang.

Penyu penyu tersebut kadang juga memunculkan diri sehingga bisa dilihat dari permukaan air. Sehingga, bagi wisatawan yang berada diatas perahupun tetap bisa menyaksikan penyu penyu tersebut.

Meno wall juga menjadi spot snorkeling dan diving yang sangat indah untuk melihat beragam ikan dan terumbu karang. Kejernihan dan kebersihan airnya menjadikan taman bawah laut gili meno akan jelas terlihat selama aktivitas snorkeling dan diving.

Gili meno dan kedua gili lainnya yang berdampingan disana, telah dikenal dunia sebagai ibukotanya penyu laut. Karena saking mudahnya untuk menemukan dan menyksikan penyu disana.

Selain di meno wall, Di gili meno juga terdapat penangkaran penyu. Di tempat ini penyu dikembangbiakkan untuk selanjutnya dilepaskan ke tengah lautan. Dengan begitu populasi penyu di gili gili tersebut selalu terjaga dan terpelihara.

Selanjutnya, Snorkeling di gili meno akan dirasa lebih berkesan bila dibanding snorkeling di gili air dan gili trawangan.

Hal tersebut karena ketika snorkeling di gili meno, selain di meno wall dengan ragam ikan dan terumbu karangnya, para wisatawan dengan menggunakan kaca mata renang, juga bisa menyaksikan berbagai patung yang berada didasar air dekat gili meno.

Terdapat patung patung yang sengaja dibuat dan diletakkan di dasar perairan dekat Gili meno. Kumpulan patung tersebut dikenal dengan nama nest.

Nest yang berada dekat gili meno tersebut dibuat pada tahun 2017 oleh seniman inggris, Jason deCaires Taylor. Nest terdiri atas 48 patung mirip manusia yang disusun berbaris melingkar dengan maksud untuk merepresentasikan lingkaran kehidupan.

nest

Nest

Harapannya karang yang telah rusak di wilayah tersebut bisa tumbuh kembali bermediakan patung nest tersebut. Sehingga patung patung tersebut kemudian akan tertutupi oleh karang yang baru.

Dengan begitu, kumpulan patung nest akan menjadi penghubung antara kehidupan manusia dan keberlangsungan kehidupan bawah laut.

Dari segi jumlah pengunjung, gili meno akan dirasakan lebih tenang dari keramaian bila dibandingkan dengan gili trawangan. Aktivitas wisata di gili meno hanya ada di siang hari.

Tidak ada keramaian pariwisata malam di gili meno sebagaimana selalu terlihat di gili trawangan. Gili meno sangat cocok dikunjungi, terutama bagi para pengantin baru yang sedang berbulan madu.

Hal tersebut karena suasana romantis yang ada didalamnya. Perlu diketahui bersama, bahwa pada tahun 2015 gili meno pernah mewakili lombok di dunia internasional dalam ajang The World’s Halal Travel Awards di uni emirat arab.

Pada pagelaran tersebut gili meno berhasil menjadi juara dalam kategori World’s Best Honeymoon Destination. Suasana gili meno yang tenang dan damai menjadi tempat pelarian yang pas untuk para wisatawan pecinta ketenangan liburan.

aktivitas wisata yang bisa dilakukan di gili meno secara singkat meliputai

  • menikmati keindahan pesisir pantai,
  • berkeliling pulau dengan cidomo, sepeda kayuh, ataupun berjalan kaki,
  • berkunjung ke penangkaran penyu dan burung,
  • mengunjungi hutan mangrove dan danau.
paket wisata gili air

Gili Air

Paket Wisata Gili Air

Gili air merupakan satu dari barisan tiga gili terpopuler di lombok selain gili trawangan dan gili meno. Secara geografis, gili air terletak paling dekat dengan daratan utama pulau lombok.

Sehingga bila diurutkan dari yang terdekat hingga ke yang terjauh dari daratan utama lombok adalah gili air, gili meno dan gili trawangan.

Nama Gili air dilihat dari istilahnya berarti pulau yang berukuran kecil di tengah laut. Bila dalam istilah masyarakat sasak, biasa disebut dengan Tengaq Aiq.

Gili air memiliki luas daratan yang bisa dikatakan medium, tidak lebih sebesar gili trawangan, tetapi tidak pula sekecil gili meno.

Gili air dapat dikunjungi menggunakan perahu penumpang umum ataupun juga perahu cepat (fastboat) yang keberangkatannya dari pelabuhan bangsal daratan utama lombok.

Selain dari pelabuhan bangsal, wisatawan juga bisa mengunjungi gili air dengan berangkat dari gili trawangan ataupun juga dari gili meno dengan akomodasi yang sama pula, yaitu perahu penumpang umum.

Dari pulau bali, Gili air juga bisa langsung ditempuh dari pelabuhan padang bai dengan menggunakan speedboat. Para tourist manca negara biasa datang dengan menggunakan cara tersebut.

Suasana di gili air cukup tenang, tidak seramai gili trawangan dan tidak sesepi gili meno. Di gili air, wisatawan bisa mendapatkan perpaduan antara gili trawangan dan gili meno, yakni suasana hiburan yang menyenangkan tanpa keramaian pengunjung.

Pemukiman penduduk di gili air juga lebih bersuasanakan pedesaan, dengan warga yang sangat ramah. Sehingga dengan suasana demikian, Gili air sangat pas untuk dijadikan tempat berlibur bersama keluarga dengan turut serta berama membawa anak anak.

Fasilitas umum di gili air juga telah lengkap tersedia. Di gili air sudah terdapat berbagai hotel dan penginapan, restoran dan kafe yang menghadap pantai, serta mesin atm yang menunjang transaksi perbankan para wisatawan.

Harga makanan di gili air pun lebih terjangkau bila dibanding gili trawangan dan gili meno. Namun fasilitas umum di gili air kebanyakan terkonsentrasi di pesisir pantai sebelah selatan dan timur gili, yang menghadap daratan utama pulau lombok.

Dari segi spot wisata, seperti halnya di gili meno, gili air juga memiliki hutan mangrove yang bisa meredam terjangan ombak yang datang walaupun tidak terlalu besar. Hutan mangrove tersebut bisa dijelajahi para wisatawan melewati jalan setapak yang dibuat oleh pengelola mangrove.

Pesisir pantai gili air memiliki pasir pantai yang putih dan lembut. Perairan pantainya pun jernih berwarna biru kehijauan. Sedangkan Keanekaragaman bawah laut gili air yang indah bisa dinikmati dengan melakukan snorkeling.

Kegiatan yang umumnya di lakukan para wisatawan di gili air diantaranya adalah

  • Bermain pasir dan air pantai,
  • Bermain ayunan di tepi pantai,
  • Berenang di tepi pantai,
  • Menikmati matahari terbit dan terbenam,
  • Berkeliling pulau dengan berjalan kaki, bersepeda, ataupun menggunakan cidomo,
  • Snorkeling dan menyelam melihat dari dekat beragam terumbu karang dan ikan seperti ikan pari, kuda laut, dan penyu,
  • Surfing, dimana dengan ombaknya yang tidak begitu besar, sangat cocok bagi wisatawan yang baru memulai belajar surfing,

Hubungi Kami

Anda bisa menikmati keindahan gili trawangan, gili meno, dan gili air tersebut bersama go lombok tour and travel. Kami akan memandu anda berpetualang ke berbagai spot terindah yang tenang dan asri yang ada di tiga gili terpopuler di lombok tersebut.

Bersama kami anda tak perlu repot naik turun angkutan, berjalan jauh mencari tumpangan dan urusan akomodasi lainnya. Liburan sepenuhnya menjadi milik anda.

Segera hubungi kami di nomor 082359568751. Karena keindahan alam pulau lombok yang menawan menunggu untuk segera anda kunjungi.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

2 komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

EnglishIndonesian