Beranda » lombok tour » Pendakian Gunung Rinjani

pendakian gunung rinjani

Aktivitas wisata di lombok yang juga banyak digemari oleh para wisatawan baik asing maupun nasional adalah pendakian gunung rinjani.

Gunung rinjani merupakan gunung tertinggi ke tiga di Indonesia setelah puncak jaya dan kerinci. Gunung berapi yang berada di pulau lombok provinsi nusa tenggara barat ini, memiliki pesona alam yang luar biasa indah.

Kawasan gunung rinjani berada dalam 4 kabupaten di ntb, yaitu kabupaten lombok utara, kabupaten lombok timur, kabupaten lombok tengah dan kabupaten lombok barat.

Kawasan gunung rinjani merupakan salah satu kawasan konservasi yang ada di indonesia. Kawasan ini sangat penting bagi kelangsungan hayati di pulau lombok.

Karena 51 dari 54 sungai yang mengalir di pulau lombok, berhulu dari kawasan gunung rinjani. Didalam kawasan gunung rinjani juga menjadi tempat hidup berbagai macam flora dan fauna endemik.

sejarah taman nasional gunung rinjani

sejarah taman nasional gunung rinjani

Sejarah Kawasan Gunung Rinjani

Kawasan Gunung rinjani telah sejak lama ditetapkan menjadi taman nasional gunung rinjani dan juga geopark nasional dan global. Kronologi sejarahnya ialah sebagai berikut

Pada tahun 1941, gunung rinjani ditetapkan oleh gubernur hindia belanda sebagai suaka marga satwa.

Pada tahun 1997, gunung rinjani melalui surat pernyataan menteri kehutanan, ditunjuk sebagai taman nasional gunung rinjani, yang pengelolaannya berada dibawah unit taman nasional gunung rinjani.

Selanjutnya pada tahun 2002, pengelolaan taman nasional gunung rinjani diubah dari unit menjadi balai taman nasional gunung rinjani.

Dan akhirnya, pada tahun 2005, gunung rinjani ditetapkan menjadi taman nasional gunung rinjani berdasarkan Surat Keputusan Menhut No. SK.298/Menhut-II/2005.

Dari segi status geopark nasional dan global, kawasan gunung rinjani pada tahun 2013, ditetapkan menjadi geopark nasional. Selanjutnya, pada tahun 2018, gunung rinjani ditetapkan menjadi geopark dunia.

Flora dan Fauna di Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani

Didalam Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani terdapat berbagai keanekaragaman hayati. Semak belukar dan Pepohonan hutan melingkupi punggung gunung rinjani seluas hampir 41.330 hektar.

Keberadaan Gunung Rinjani tepat berlokasi pada garis wallace, yang merupakan garis imajiner tempat bertemunya flora dan fauna tipe asia dan australia. Oleh karena itu, satwa dan tumbuhan yang ditemui ketika mendaki di taman nasional gunung rinjani, akan sangat beragam dan unik.

Satwa yang teridentifikasi di taman nasional gunung rinjani terdiri dari 20 jenis serangga, 19 jenis mamalia, 8 jenis reptil, dan 154 jenis burung.

celepuk rinjani

celepuk rinjani

Satwa satwa tersebut, diantaranya adalah capung neurothemis ramburi, elang flores (Nizaetus Floris), celepuk rinjani (otus jolandae), Monyet ekor panjang/godek (macaca fascicularis), Lutung/pitu (Trachypithecus auratus cristatus).

Sedangkan Flora yang teridentifikasi di taman nasional gunung rinjani terdiri dari 447 jenis pohon, 6 rotan, 28 liana, 55 jenis anggrek, 59 jenis paku pakuan, 117 jenis jamur.

Flora tersebut diantaranya meliputi jamur tiram merah (pleurotus flabellatus), jamur morel (morchella aff. deliciosa), pranajiwa (euchresta horsfieldii (lesch) benn.), anggrek rinjani.

Penghargaan yang diperoleh Gunung Rinjani

Dengan kekayaan flora dan fauna yang unik dan endemik tersebut, serta juga dengan berbagai keindahan dan eksotisme sudut alamnya, tak heran jika taman nasional gunung rinjani telah mendapatkan banyak penghargaan internasional.

Capaian Penghargaan mancanegara yang telah diraih gunung rinjani diantaranya adalah

Pada tahun 2004, Gunung Rinjani menerima penghargaan World Legacy Award dari Conservation International and National Geographic Traveler untuk kategori Destination Stewardship.

Pada tahun 2005, Gunung Rinjani menerima penghargaan 3 besar Tourism for Tommorow Award dari World Travel & Tourism Council untuk kategori Destination Award.

Pada tahun 2007, Gunung Rinjani menjadi finalis penghargaan Tourism for Tommorow Award dari World Travel & Tourism Council.

Taman Nasional Gunung Rinjani menjadi geopark yang tersohor di dunia. Hal tersebut terbukti dari lebih banyaknya pengunjung asing bila dibandingkan dengan pengunjung lokal.

Tercatat di tahun 2019, Gunung Rinjani dikunjungi oleh 12.639 pengunjung mancanegara dan 4.532 pengunjung dalam negeri.

Pendaki mancanegara yang datang dan menapaki keindahan puncah gunung rinjani, mayoritas berasal dari perancis, belanda, jerman, inggris, china, usa, spanyol, belgia, australia, dan kanada.

Selain wisatawan pendaki asing, taman nasional gunung rinjani juga banyak dikunjungi oleh wisatawan pendaki lokal. Di mata para pendaki indonesia, gunung rinjani populer karena keindahan spot terbaiknya dan statusnya sebagai gunung tertinggi ketiga di indonesia.

Bahkan saking populernya, pada tahun 2015, Taman nasional gunung rinjani pernah menjadi lokasi syuting film yang berjudul Romeo + Rinjani. Hal ini semakin menambah kepopuleran gunung rinjani dimata masyarakat indonesia.

Registrasi Pendaki Gunung Rinjani

Sebelum mendaki ke puncak rinjani, para wisatawan terlebih dahulu perlu mendaftarkan diri ke pos balai taman nasional gunung rinjani di setiap pintu masuk resmi jalur pendakian yang telah disebutkan diatas.

Pada umumnya pendakian puncak gunung rinjani memerlukan waktu sekitar 3 hari 2 malam.

Terdapat biaya yang harus dibayarkan, yakni sebesar 25 ribu rupiah bagi wisatawan lokal untuk 3 hari pendakian, dengan rincian 5 ribu rupiah per hari dan 10 ribu rupiah sebagai biaya asuransi.

Sedangkan bagi para wisatawan asing, biaya 3 hari pendakian gunung rinjani sebesar 550 ribu rupiah, dengan rincian 150 ribu rupiah per hari dan 100 ribu rupiah untuk asuransinya.

Pendaftaran tersebut bisa juga dilakukan secara online, melalui website erinjani.id atau juga melalui aplikasi erinjani di hp android. Sedangkan pembayarannya bisa juga dilakukan melalui transfer bank.

Selanjutnya ketika sampai di pos masuk taman nasional gunung rinjani, para pendaki cukup menunjukkan bukti pendaftaran online dan pembayarannya.

Guide dan Porter Pendakian Gunung Rinjani

Ketika mendaki, para wisatawan bisa menyewa guide dan porter. Guide akan membantu pendaki menunjukkan jalan dan arah hingga ke puncak rinjani secara aman dan tanpa tersesat.

Sedangkan porter akan membantu memanggul perbekalan dan bawaan pendaki hingga ke atas. Bila

bermaksud mencari guide dan porter, para wisatawan pendaki bisa langsung meminta bantuan melalui pos masuk taman nasional gunung rinjani.

Petugas setempat akan membantu menentukan guide dan porter bagi para pendaki. Guide dan porter tersebut telah terdaftar dan memiliki izin dari Balai Taman Nasional Gunung Rinjani serta berasal dari masyarakat setempat.

jalur pendakian gunung rinjani

jalur pendakian gunung rinjani

Pendakian Gunung Rinjani

Kepadatan pendakian puncak gunung rinjani, biasa terjadi pada buluan juli, Agustus, dan September.

Pendakian gunung rinjani bisa dimulai melalui pintu senaru dan torean di kabupaten lombok utara, pintu sembalun dan pintu timbanuh di kabupaten lombok timur, dan pintu aik berik di kabupaten lombok tengah.

Jalur jalur tersebut merupakan jalur umum yang dilalui oleh para wisatawan pendaki kawasan gunung rinjani.

Jalur Senaru Plawangan

Jalur senaru merupakan jalur yang paling banyak dilintasi oleh para wisatawan pendaki untuk menuju puncak gunung rinjani.

Pada tahun 2019 saja, Jumlah pendaki gunung rinjani dari pintu senaru total 11.659 orang, dengan 11.307 pendaki asing dan 352 pendaki lokal.

Dari pintu senaru, sepanjang pendakian, wisatawan akan melewati pepohonan tropis yang cukup lebat dengan kondisi medan yang cukup terjal.

Namun walaupun begitu, pada jalur senaru terdapat 3 pos pendakian dengan sarana peristirahatan yang telah disediakan oleh balai taman nasional gunung rinjani.

Rute pendakian senaru, dimulai dari pintu senaru, melewati pos pos peristirahatan, hingga mencapai plawangan. Dari plawangan, para pendaki memiliki dua pilihan.

Pertama, wisatawan pendaki bisa berjalan turun dari plawangan menuju segara anak. Kedua, wisatawan bisa melanjutkan pendakian menuju puncak gunung rinjani.

Jalur Sembalun Plawangan

Jalur sembalun merupakan jalur pendakian favorit kedua yang banyak dilalui oleh para wisatawan.

Pada tahun 2019, Jumlah pendaki gunung rinjani dari pintu sembalun total 3627 orang, dengan 832 pendaki asing dan 2795 pendaki lokal.

Pada Jalur ini terdapat padang rerumputan dengan pemandangan yang sangat indah di sepanjang pendakian.

Medan pendakian jalur sembalun, lebih mendatar dengan suhu lokasi terasa lebih panas, karena memang terdapat bentangan padang savana yang cukup luas.

Para wisatawan yang kelelahan selama mendaki, selanjutnya bisa beristirahat di 3 pos pendakian yang ada di sepanjang jalur sembalun plawangan.

Rute pendakian gunung rinjani dari pintu sembalun, setelah melalui pos pos peristirahatan, juga akan sampai pada plawangan.

Dari plawangan para wisatawan pendaki bisa turun menuju segara anak ataupun juga melanjutkan pendakian menuju  puncak gunung rinjani.

Jalur Torean Plawangan

Lokasi awal pendakian jalur Torean bisa dicapai dari senaru. Jalur ini dimulai dari torean hingga sampai plawangan.

Dari plawangan, para pendaki bisa memilih turun ke segara anak ataupun juga melanjutkan pendakian menuju puncak gunung rinjani.

Perlu diketahui bahwa jalur torean merupakan jalur tidak resmi yang biasanya digunakan hanya oleh masyarakat adat setempat ketika mendaki ke segara anak dan puncak gunung rinjani dengan tujuan untuk melakukan acara adat.

Sedangkan jalur pendakian resmi yang dibuka dan dikelola oleh balai taman nasional gunung rinjani adalah jalur senaru, jalur sembalun, jalur timbanuh, dan jalur aik berik.

Dari semua jalur pendakian tersebut, Jalur pendakian senaru adalah yang paling ramai, terutama oleh para pendaki mancanegara. Terdapat sekitar 68% dari pengunjung pendakian gunung rinjani yang melintasi pintu senaru.

Sedangkan jalur sembalun dikunjungi oleh sekitar 21% wisatawan pendaki dari total semua pengunjung gunung rinjani. Kebalikan dari jalur senaru yang ramai dengan turis asing, pada Jalur sembalun kebanyakan dilintasi oleh para pendaki lokal.

Pemandangan Indah Gunung Rinjani

Selama pendakian, para wisatawan akan bisa melihat berbagai pesona indah gunung rinjani. Beberapa spot indah nan menawan di kawasan taman nasional gunung rinjani adalah sebagai berikut:

air terjun tiu kelep

air terjun tiu kelep

Air Terjun

Di kawasan kaki gunung rinjani terdapat banyak air terjun yang bisa di kunjungi, diantaranya adalah

Air terjun sendang gile dan air terjun tiu kelep di kabupaten lombok utara

Air Terjun Benang Stokel dan Air terjun Benang Kelambu di kabupaten lombok tengah

Air Terjun jeruk manis dan Air terjun mangku sakti di kabupaten lombok timur

Sebelum melakukan pendakian, para wisatawan bisa terlebih dahulu ber wisata ke lokasi air terjun tersebut diatas.

pusuk sembalun

pusuk sembalun

Pusuk Sembalun

Pusuk Sembalun merupakan kawasan yang berada di kaki gunung rinjani. Lokasi ini berada di ketinggian 1.250 meter diatas permukaan laut (mdpl), sehingga suasananya akan terasa sejuk.

Disana terdapat taman wisata pusuk sembalun. Tempat dimana para wisatawan pengunjung bisa mendapatkan pemandangan utuh dari ketinggian akan luasnya bentangan lembah gunung rinjani yang berdampingan dengan hijaunya barisan perbukitan pergangsingan beserta kokohnya gunung rinjani itu sendiri.

Taman wisata pusuk sembalun menjadi tempat yang pas untuk berfoto selfie, karena adanya spot cantik yang instagramable. Banyak wisatawan pengunjung yang sengaja datang untuk ber selfie ria, mengabadikan dirinya.

Selain pemandangan alamnya yang eksotis, pusuk sembalun memiliki daya tarik lainnya, yakni adanya populasi monyet yang berkeliaran di jalanan raya. Mereka menyapa para wisatawan pengunjung yang melintas.

Monyet monyet tersebut cukup jinak dan ramah pada pengunjung. Keberadaan mereka menambah kealamian pusuk sembalun.

Pemandian Otak Kokok Joben

Pemandian otak kokok merupakan bagian dari taman nasional gunung rinjani. Lokasinya berada di kaki gunung rinjani, tepatnya di Montong Gading, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Di dalam Pemandian otak kokok, terdapat air terjun otak kokok. Air terjun otak kokok merupakan air terjun yang berasal dari sumber mata air akar pohon berusia ratusan tahun.

Menurut masyarakat setempat, air terjun otak kokok berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Diyakini bahwa, ketika para wisatawan mandi dibawah guyuran air terjun tersebut, lalu air yang membasahi badan jatuh kebawah berwarna putih, maka terdapat penyakit dalam tubuh wisatawan pengunjung tersebut.

Guyuran air terjun yang jatuh ke badan, bisa membersihkan penyakit yang ada dalam tubuh.

Pemandian otak kokok bisa menjadi pilihan pertama untuk dikunjungi sebelum mulai mendaki, agar tubuh fit dan segar.

padang savana sembalun lawang

padang savana sembalun lawang

Sembalun Lawang

Di kaki gunung rinjani terdapat padang savana yang luas membentang. Wilayah tersebut merupakan tempat awal permulaan pendakian gunung rinjani dari sembalun di kabupaten lombok timur.

Pemandangan padang rumput yang ada akan terlihat begitu indah. Pesona tersebut mengiringi permulaan pendakian para wisatawan menuju plawangan sembalun.

gambar segara anak dalam cetakan uang 10000

gambar segara anak dalam cetakan uang 10000

Segara Anak

Segara anak berarti anak dari lautan. Segara anak merupakan danau vulkanik yang berada di ketinggian 2.100 mdpl (meter diatas permukaan laut) dengan lebar danau sekitar 10 km dan kedalaman danau sekitar 230 m.

Segara anak pernah dijadikan sebagai gambar resmi dalam mata uang kertas pecahan Rp 10.000. Hal tersebut tepatnya ada pada uang kertas pecahan Rp 10.000 cetakan tahun 1998.

Di tengah danau segara anak terdapat gunung yang dikenal dengan gunung anak baru jari. Keberadaannya menambah keindahan pemandangan segara anak.

Kolam Air Panas

Kolam air panas yang berada di gunung rinjani berasal dari sumber air panas alami pegunungan.

Kolam air panas tersebut berada  tidak jauh dari segara anak. Diantara Kolam air panas tersebut adalah Pemandian air panas sebau dan Pemandian air panas aik kalak.

Pemandian air panas Aik kalak berlokasi tidak jauh dari aliran koko putih sekaligus menjadi mata air panas tertinggi di indonesia. Sumber air panas Aik kalak dipercaya mampu menghilangkan berbagai macam penyakit.

Goa

Gunung Rinjani memiliki dua goa yang biasa dikenal dengan goa susu dan goa payung mas.

Goa susu dan sumber air belerang merupakan beberapa fenomena yang khas yang terdapat di sekitar segara anak.

Goa susu juga kerap kali dijadikan tempat meditasi dan penyucian diri oleh masyarakat di kaki rinjani. Didalamnya terdapat stalagtit/stalagmit yang dari situ keluar air layaknya air susu.

Air tersebut merupakan air yang selalu berhubungan dengan gunung api yang mengandung kalsium karbonat.

Sumber air dari goa susu kerap digunakan untuk mencuci benda benda bertuah seperti keris, pedang, golok dan kelewang.

Bukit Penyesalan

Bukit penyesalan berada dalam jalur pendakian sembalun plawangan, setelah pos 3 dan sebelum plawangan. Sebenarnya bukit tersebut tidak hanya satu, namun terdapat 7 bukit penyesalan.

Bukit penyesalan merupakan medan pendakian berat yang akan dilalui oleh para wisatawan.  Menapaki bukit penyesalan sangatlah menguras stamina fisik.

Ketika melewatinya, mereka akan berpikir dua kali, apakah terus melanjutkan pendakian, atau memilih untuk kembali turun. Sehingga sesuai dengan sebutannya, seakan akan para pendaki akan merasa menyesal untuk melintasi bukit menanjak yang tiada habisnya tersebut.

Namun, ketika usai, maka wisatawan dapat beristirahat di plawangan. Wisatawan bisa Mengisi air minum dan mencuci perlengkapan makan serta cuci muka menyegarkan badan di sumber mata air plawangan

Summit Attack Rinjani

Summit attack adalah aktivitas pendakian terakhir menuju puncak tertinggi gunung rinjani. Di jalur ini, pendaki akan melintasi jalan menanjak bersudut 60 derajat dengan kondisi berpasir dan berkerikil.

Hembusan angin yang kencang, mengharuskan pendaki berjalan menunduk. Trekking pole akan sangat membantu mempertahankan keseimbangan badan.

Hembusan nafas yang teratur, bisa menjaga stamina agar secara konstan kuat mendaki hingga sampai puncak.

Sebaiknya, barang barang bawaan ditinggal di plawangan agar tidak memberatkan pendakian terakhir tersebut. Pendaki cukup membawa minum, makan, obat, jas hujan, senter dan kamera.

Oleh karena itu, peran porter akan bisa membantu pendaki untuk menjaga barang barang dan tenda yang ditinggal di plawangan.

Summit attack merupakan ujian terakhir yang harus ditembus wisatawan pendaki, jika ingin melihat indahnya pemandangan puncak gunung rinjani.

puncak gunung rinjani 3726 mdpl

puncak gunung rinjani 3726 mdpl

Puncak Gunung Rinjani

Puncak gunung rinjani berada pada 3.726 mdpl (meter diatas permukaan laut). Dari atasnya pemandangan matahari terbit luar biasa menakjubkan.

Selain itu, dari puncak gunung rinjani juga akan tampak bentangan lanskap daratan pulau lombok beserta lautan dan gunung dari pulau seberang.

Rasa lelah yang dirasa sepanjang jalur pendakian akan langsung hilang seketika sesaat setelah melihat keindahan pemandangan dari puncak gunung rinjani. Pendaki bisa berfoto dan berselfie, mengabadikan momen terbaik dalam penaklukan puncak gunung rinjani.

Mencapai puncak gunung rinjani adalah kenangan indah yang sungguh membanggakan untuk diceritakan kepada generasi yang lebih muda, kelak ketika masa depan telah datang.

Hubungi Kami

Anda bisa mendaki gunung rinjani bersama go lombok tour and travel. Kami akan memandu anda berpetualang menyusuri jalur pendakian hingga ke puncak rinjani dengan aman, nyaman dan tanpa tersesat.

Bersama kami anda tak perlu khawatir dan repot untuk naik turun angkutan, berjalan jauh mencari tumpangan dan urusan akomodasi lainnya. Pendakian akan sepenuhnya menjadi milik anda.

Segera hubungi kami di nomor 082359568751. Karena keindahan puncak gunung rinjani yang eksotis, menunggu untuk segera anda taklukkan.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

EnglishIndonesian