Beranda » lombok tour » 7 Fasilitas Wisata Taman Narmada Lombok Yang Bersejarah

7 Fasilitas Wisata di Taman Narmada

Taman Narmada merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di pulau lombok. Terletak  tak jauh dari kota mataram, taman ini ramai dikunjungi ketika akhir pekan dan liburan

Lokasinya yang berada di kecamatan narmada, kabupaten lombok barat, mudah di akses oleh kendaraan umum dan pribadi.

Layanan transportasi publik menuju taman narmada telah banyak tersedia, baik dari terminal mandalika ataupun dari bandara internasional lombok.

Jadi para wisatawan akan semakin mudah untuk bisaa sampai kesana.

Taman ini memang peninggalan masa lampau yang dipugar dan ditetapkan sebagai situs cagar budaya oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Saat ini taman narmada dikelola oleh Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Kabupaten Lombok Barat.

Taman narmada memiliki tata ruang yang unik. Lanskap taman narmada sengaja dibangun pada tahun 1727 sebagai replika gunung rinjani dan segara anak, danau yang berada diatas gunung rinjani.

Jadi taman tersebut merupakan kompleks miniatur kemegahan alam.

Sejarah menceritakan bahwa dahulu, Raja Anak Agung Ngurah Karang Asem di Lombok, memiliki rutinitas untuk memimpin langsung upacara adat yang tiap tahun diselenggarakan di segara anak gunung rinjani.

Namun karena usia yang semakin tua maka semakin menurun pula kemampuannya dalam mendaki gunung rinjani. Oleh karena itu, agar terus bisa melaksanakan ibadah ritualnya, sang raja membuat taman narmada.

Selain untuk ritual, kala itu, taman narmada juga menjadi tempat raja untuk beristirahat ketika kemarau tiba. Karena didalamnya terdapat sumber mata air yang tak pernah surut dan menurut keyakinan setempat merupakan air yang bisa buat awet muda.

Saat ini, taman narmada menjadi tempat wisata yang nyaman, tenang dan asri. Destinasi yang patut dikunjungi ketika berlibur ke lombok.

Ada apa saja didalamnya?  Berikut kami ulas singkat fasilitas bersejarah wisata taman narmada:

Areal Hijau Taman narmada by @dytaprylianty

Areal Hijau Taman narmada by @dytaprylianty

Areal Taman yang Hijau

Taman narmada dibangun sedemikian indahnya oleh kerajaan mataram lombok dengan pengaruh nuansa khas hindu bali. Oleh karena itu, banyak terdapat, pura atau bangunan bangunan pemujaan umat hindu yang hingga saat ini masih aktif digunakan untuk peribadatan mereka.

Selain itu, didalamnya juga terdapat areal rerumputan dan pohon pohon hijau asri tertata rapi dan indah untuk menyejukkan para pengunjung.

Terdapat beberapa areal taman kehijauan didalamnya, antara lain adalah taman bidadari yang terletak di sebelah barat daya, taman gandari di sebelah timur, dan kebun peresak yang berada di sebelah selatan dari waduk besar replika segara anak gunung rinjani.

 

Bale Terang Taman Narmada by @khafidmukriyanto

Bale Terang Taman Narmada by @khafidmukriyanto

Bale Terang

Bale terang merupakan bangunan berbentuk rumah panggung dimana dari sana dapat terlihat keseluruhan areal dalam taman narmada. Dahulu Bale terang menjadi tempat raja untuk bersantai siang memandangi berbagai sudut taman.

Ketika berkunjung para wisatawan juga bisa mencoba hal serupa layaknya seorang raja, dengan naik ke bale terang dan menikmati pemandangan taman dari atasnya sambari berfoto ria.

 

Kolam Padmawangi Taman Narmada by @khafidmukriyanto

Kolam Padmawangi Taman Narmada by @khafidmukriyanto

Kolam Padmawangi

Kolam padmawangi merupakan pemandian bersejarah dalam kompleks taman narmada. Kolam ini terus terisi dari sumber mata air narmada. Dahulu para dayang dayang berenang di kolam ini sambari bersenda gurau.

Sedangkan sang raja mengamati mereka dari atas bale terang yang terletak berdekatan dengan kolam padmawangi. Selanjutnya akan ada beberapa diantara dayang dayang tersebut yang dipilih oleh raja untuk menjadi selirnya.

Namun saat ini kolam padmawangi sudah tidak difungsikan lagi sebagai kolam pemandian. Walaupun begitu, pengunjung tetap bisa menikmati pemandangannya yang menyejukkan.

 

telaga ageng taman narmada by @6bclass_24

telaga ageng taman narmada by @6bclass_24

Telaga Ageng

Telaga ageng merupakan kolam terbesar yang ada di taman narmada. Telaga ini sengaja dibangun sebagai miniatur dari segara anak yang ada di atas gunung rinjani, tempat asal raja melakukan upacara adat larung sesaji.

Telaga ini menjadi tempat pengganti ritual tersebut bagi sang raja seiring menurunnya kemampuan fisik untuk mendaki rinjani karena usia yang semakin menua. Jadi, Raja cukup beritual dari telaga ageng. Namun, Walaupun tanpa sang raja, larung sesaji tetap dilakukan oleh para abdi kerajaan di segara anak.

Selain berfoto foto, pengunjung bisa bermain flying fox yang meluncur melayang diatas telaga ageng ini untuk melihat betapa besarnya kolam replika segara anak tersebut.

Walaupun dengan lintasan yang cukup pendek, permainan ekstrim ini cukup menggembirakan untuk dicoba, terutama bagi anak anak.

 

Bale petirtan Taman Narmada by @dmist_

Bale petirtan Taman Narmada by @dmist_

Bale Petirtan

Bale petirtan merupakan salah satu bangunan kompleks taman narmada dimana didalamnya terdapat sumber mata air yang dipercaya masyarakat setempat bisa membuat awet muda.

Sumber mata air tersebut merupakan hasil pertemuan antara sumber mata air yang berasal dari gunung rinjani dengan dua sumber mata air lainnya yang berasal dari lingsar dan suranadi.

Sumber mata air ini yang menjadikan taman narmada unik dan banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Mereka bisa mengunakan air tersebut untuk mencuci muka, membasuh tangan dan kaki, bahkan meminumnya.

 

kolam renang ikan duyung taman narmada by @oleholehkhaslombok

kolam renang ikan duyung taman narmada by @oleholehkhaslombok

Kolam Renang Ikan Duyung

Kolam renang ikan duyung  merupakan kolam renang alami, yang dibangun pada tahun 1967, diatas kolam lama dalam kompleks taman narmada. Kolam ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, karena pengunjung  tidak sebatas hanya bisa melihatnya, tetapi juga bisa terjun dan berenang langsung ke dalamnya.

Kolam Ikan Duyung memang saat ini berfungsi sebagai kolam pemandian publik. Jadi jangan hanya berkeliling dan berfoto saja ketika liburan ke taman narmada. Nikmati juga kesejukan dan kesegaran kolam renang ikan duyung yang airnya berasal dari sumber mata air alami gunung rinjani.

 

saluran air seribu tangga taman narmada by @yudiindra97

saluran air tuntang tungkek/seribu tangga taman narmada by @yudiindra97

Saluran Air Tuntang Tungkek

Saluran air tuntang tungkek, bukanlah peninggalan kerajaan mataram lombok, melainkan saluran air yang dibuat oleh para penjajah dari belanda. Saluran ini merupakan saluran irigasi yang menyalurkan air antar dua desa di kecamatan narmada, dari dataran tinggi ke dataran rendah.

Letaknya yang berada dalam kompleks taman narmada, menjadi area yang menambah pesona taman. Terlebih dengan bentuknya yang unik, berupa pipa beton ganda bermodelkan arsitektur belanda kuno, dengan banyak anak tangga diatasnya, memanjang keatas dengan sudut yang miring layaknya ular tangga. Tak heran jika saluran air ini juga sering disebut masyarakat sebagai saluran seribu tangga.

Wisatawan bisa mendaki ke atasnya menikmati kesejukan udara taman narmada sambari berfoto selfi dengan angle yang luas dan indah.

Hubungi Kami

Anda bisa menikmati fasilitas wisata taman narmada lombok yang penuh sejarah tersebut, bersama go lombok tour and travel. Kami akan memandu anda melihat ke berbagai spot sejarah yang ada di dalam taman narmada.

Bersama kami anda tak perlu repot naik turun angkutan, berjalan jauh mencari tumpangan dan urusan akomodasi lainnya. Liburan sepenuhnya menjadi milik anda.

Segera hubungi kami di nomor 082359568751. Karena situs sejarah taman narmada lombok yang unik dan indah menunggu untuk segera anda kunjungi.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

EnglishIndonesian